Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Implementasi Pembelajaran Creative Approach The Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Fisika di SMP PGRI 01 Pakisaji

Electronic Resource

Implementasi Pembelajaran Creative Approach The Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Fisika di SMP PGRI 01 Pakisaji

Saverinus Janu - Nama Orang; Dr. H. Sudi Dul Aji, M.Si. - Nama Orang; Drs. Sutrisno, M.T. - Nama Orang;

Berdasarkan observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran fisika di kelas VIII A SMP PGRI 01 Pakisaji dapat diketahui bahwa hanya sebagian siswa yang mendengarkan penjelasan guru, mengajukan pertanyaan,mengerjakan latihan soal, dan mengerjakan PR. Kemampuan Berfikir Kritis siswa rendah, sehingga prestasi belajarnya juga rendah. Oleh karena itu perlu dilakukan perubahan terhadap model pembelajaran yang dipakai, dalam hal ini peneliti menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas VIII A SMP PGRI 01 Pakisaji. Alasan peneliti memilih model pembelajaran ini, karena pembelajaran dengan creative problem solving merupakan model pembelajaran yang memusatkan pada pengajaran dan keterampilan pemecahan masalah, yang diikuti dengan penguatan keterampilan, sehingga siswa dituntut untuk aktif, kreatif, dan berpikir kritis. Dengan menggunakan model pembelajaran ini diharapkan siswa dapat memperoleh manfaat yang maksimal dari proses maupun hasil belajarnya. Selain itu siswa bisa memperoleh dan mendapatkan informasi dengan melakukan diskusi untuk mencari jawaban atau memecahkan masalah terhadap pertanyaan atau rumusan masalah dengan menggunakan kemampuan berfikir kritis siswa yang logis.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dengan pokok bahasan Pengertian dan Pemantulan Cahaya, Siklus II dengan pokok bahasan Pembiasan Cahaya. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2012-2013 di kelas VIII A SMP PGRI 01 Pakisaji. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 27 siswa.
Berdasarkan data hasil penelitian, rata-rata keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan, yaitu: siklus I 74,26% menjadi 87,72 pada siklus II, analisis kemampuan berfikir kritis siswa saat penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving pada siklus I yaitu 71,47%, dan pada siklus II yaitu 78,57%. Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving adalah 69,59, pada siklus I adalah 73,89, dan pada siklus II adalah 79,07.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan berfikir
kritis dan prestasi belajar fisika kelas VIII A SMP PGRI 01 Pakisaji.


Ketersediaan
2115600/SB/2014KKI 530 JAN i/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 JAN i/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Model Pembelajaran Creative Problem Solving
Prestasi Belajar.
Skripsi
Model Pembelajaran CreatKemampuan Berfikir Kritis
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik