Electronic Resource
Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Metode Lagu di RA MUSLIMAT NU 23 Kota Malang
Kata kunci : peningkatan, kemampuan, berbicara, metode lagu
Penelitian ini bertujuan meningkatkan ketrampilan berbicara siswa yang mempunyai kendala dalam berbicara. Berpijak pada pemikiran tersebut, peneliti menyelenggarakan penelitian pada RA MUSLIMAT NU 23 Kota Malang dengan judul Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Metode Lagu di RA MUSLIMAT NU 23 Kota Malang.
Dalam penelitian ini masalah yang dibahas: (1) Bagaimana mengaitkan pengetahuan dengan isi lagu secara lisan dan (2) Bagaimana media lagu dalam pembelajaran bercerita dapat meningkatkan frekuensi kosa kata siswa.
Untuk menyelesaikan permasalahan, peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang merupakan satu siklus dengan langkah sebagai berikut: (1) perencanaan tindakan, (2) tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) analisis serta refleksi.
Untuk memperoleh data, peneliti melakukan observasi, membuat catatan lapangan, dan menyebarkan kuesioner tentang kegiatan tersebut.
Penelitian tindakan kelas yang dilakukan telah berhasil meningkatkan Kemampuan bercerita anak RA MUSLIMAT NU 23 Kota Malang, dalam skala 1- 10, dengan rincian peningkatan sebagai berikut: (1) rerata kelancaran bercerita 1,50; (2) lafal bercerita 1,78; (3) kesesuaian isi bercerita 1,44; (4) keruntutan bercerita 1,61; (5) komunikasi non-verbal 1,44; (6) penampilan bercerita 1,33. Secara keseluruhan terjadi peningkatan 1,51 pada siklus kedua menunjukkan terjadinya pencapaian dari yang ditargetkan.
21344864/SB-S/2022 | KKI 410 RET p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain