Proses pembelajaran khususnya pembelajaran IPA akan lebih efektif apabila siswa memperoleh pengalaman nyata. Dalam meningkatkan mutu pembelajaran perlu adanya penggunaan model pembelajaran yang men…
Dari hasil observasi di SDN SEDAENG 1 TOSARI. Permasalahan yang dialami siswa kelas IV adalah pada pelajaran IPA materi Perubahan Wujud Benda yang harus dipelajari, sehingga siswa kurang mampu meng…
Hasil belajar adalah penilaian yang diberikan kepada siswa untuk mengukur kemampuan siswa setelah mengikuti proses pembelajaran baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotor dan untuk melihat sej…
Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No 20 Tahun 2006 tentang Standar Isi disebutkan bahwa pembelajaran matematika bertujuan supaya siswa memiliki kemampuan memahami konsep ma…
Pelaksanaan penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yang dihadapi oleh siswa kelas V SDN Tlogowaru I Kota Malang. Mereka merasa kesulitan dalam memahami materi matematika khususnya mate…
Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di SDN Kebonsari 2 Malang, guru dalam proses pembelajaran IPA masih menggunakan metode yang konvensional (ceramah, tanya jawab, dan penugasan). Ha…
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengembangan modul IPA berbasis scaffolding pada materi sifat wujud dan perubahan benda kelas IV SD, (2) mendeskripsikan kelayakan pengembangan mo…
Pembelajaran yang monoton dan bersifat satu arah akan menimbulkan kebosanan pada peserta didik yang berdampak pada menurunnya hasil belajar. Guru hendaknya memilih model dan media pembelajaran yang…
Penelitian ini berangkat dari kurangnya keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar, karena guru hanya menggunakan model ceramah dan tanya jawab saja serta tanpa dilengkapi media yang dapat me…
Media pembelajaran sangat penting dalam peroses pembelajaran selain sebagai saran penyampaian informasi, media juga dapat membangkitkan semangat belajar siswa dan juga pembelajaran media lebih meny…