Electronic Resource
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP PGRI 3 Malang Melalui Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick
Di kelas VII SMP PGRI 3 Malang, siswa menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit dimengerti dan salah satu mata pelajaran yang kurang disenangi. Hal ini mengakibatkan siswa tidak memperhatikan penjelasan guru, tidak aktif mengikuti pembelajaran matematika atau melakukan aktivitas lainnya di luar kegiatan pembelajaran. Akhirnya, hasil belajar matematika siswa kelas VII rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran yang bermakna, menyenangkan dan menarik bagi siswa sehingga siswa menjadi semangat dan termotivasi untuk mempelajari matematika; sekaligus dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu pilihan yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas adalah model pembelajaran Talking Stick.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP PGRI 3 Malang dengan diterapkannya model pembelajaran Talking Stick. Dengan model pembelajaran ini, siswa dituntut untuk berpartisipasi secara aktif menggunakan media permainan tongkat. Pembelajaran akan berjalan dengan menyenangkan, karena siswa dapat belajar sambil bermain dan tidak merasa bosan mengikuti pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan yang mencakup: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP PGRI 3 Malang. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi guru dan aktivitas siswa, wawancara, tes evaluasi, catatan lapangan dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pembelajaran siklus I sebesar 70,2 dan mengalami peningkatan pada pembelajaran siklus II sebesar 85,2. Presentase ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran siklus I sebesar 70,6% dan mengalami peningkatan pada pembelajaran siklus II sebesar 91,2%. Presentase kemampuan guru pada pembelajaran siklus I sebesar 81,3% dan mengalami peningkatan pada pembelajaran siklus II sebesar 91,7%. Presentase aktivitas siswa pada pembelajaran siklus I sebesar 80,4% dan mengalami peningkatan pada pembelajaran siklus II sebesar 91,3%.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP PGRI 3 Malang. Oleh karena itu guru disarankan untuk menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada pembelajaran matematika.
0095/SB | KKI 510 MAT m/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain