Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran Fisika kelas VIII.A SMPK MBC OHE masih bersifat teacher centered. Walaupun sudah menggunakan metode demonstrasi, LKS yang dikerjakan oleh siswa tidak dibah…
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir analisis siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan model pembelajaran konvensional; (2) mengetahui perbedaan p…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran learning cycle 5e dapat meningkatkan kerja ilmiah dan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian ti…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E dan keterampilan proses sains terhadap prestasi belajar fisika. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu…
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kualitas pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VIII B SMPN 5 Kepanjen t…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran dengan model PBL, Mengetahui peningkatan hasil belajar afektif, kognitif, dan psikomotorik siswa melalui model PBL. Jenis pene…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar ranah afektif siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis mind mapping dengan siswa yang menggunakan mode…
Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP PGRI 6 Malang dikelas VIIIC, bahwa pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah dengan pendekatan konvensional (ceramah). Hal ini menyebabkan prestasi b…
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) mengetahui perbedaan motivasi belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran Open-Ended Problem dengan model pembelajaran Konvensional, (2) meng…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan aktivitas belajar siswa antara siswa yang belajar menggunakan model discovery learning berbasis flipped class dan siswa yang belajar mengguna…