Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 8 Di SMP PGRI 6 Malang Tahun Pelajaran 2018/2019
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar ranah afektif siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis mind mapping dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) perbedaan hasil belajar ranah psikomotor siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis mind mapping dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (3) perbedaan hasil belajar ranah kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis mind mapping dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (4) interaksi antara model pembelajaran discovery learning berbasis mind mapping terhadap hasil belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan desain “posttest only control group design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI 6 Malang. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa soal tes pilihan ganda, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA.
Hasil analisis data yang diperoleh yaitu: (1) ada perbedaan hasil belajar ranah afektif antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis mind mapping dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) ada perbedaan hasil belajar ranah psikomotor antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis mind mapping dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, (3) ada perbedaan hasil belajar ranah kognitif antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis mind mapping dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, (4) ada interaksi antara model pembelajaran discovery learning berbasis mind mapping terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis mind mapping terhadap hasil belajar siswa
2131698/SB/2019 | KKI 530 SED p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain