Pembelajaran Bahasa Indonesia saat ini membutuhkan perhatian yang khusus dari para pengajar. Sesuai dengan kurikulum yang menuntut tercapainya suatu Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) maka guru haru…
Kesulitan dalam pembelajaran menulis narasi juga terjadi di MI. KH. Hasyim Asy’ari Gubugklakah. Salah satu penyebabnya adalah keterbatasan penguasaan kosa kata siswa dan kurangnya pengalaman dal…
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa. Dari tujuan tersebut, peneliti menyelenggarakan penelitian pada siswa kelas VIII SMP Al-Rifa'ie Gondanglegi M…
Penelitian ini bertujuan meningkatkan ketrampilan berbicara siswa yang mempunyai kendala dalam berbicara. Berpijak pada pemikiran tersebut, peneliti menyelenggarakan penelitian pada RA MUSLIMAT NU …
Selama ini proses pembelajaran, siswa terlihat masih menganut model pembelajaran konvensional, yaitu proses pembelajaran yang berpusat pada guru dan selama itu pula kemampuan siswa untuk aktif dala…
Menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung dan tidak secara tatap muka dengan orang lain. Keterampilan menulis tidak datang dengan se…
Berdasarkan hasil observasi awal di SMP Wachid Hasyim 10 Prambon diketahui bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII A masih rendah. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang diterapkan ole…
Banyak siswa yang menganggap matematika sebagai matapelajaran yang yang sulit serta motivasinya sangat kurang dan guru tidakmelibatkansiswasecaralangsungdalampembelajaran. Tentuhaliniberimbaspadaha…
Pada proses pembelajaran pendidikan matematika, siswa seharusnya dapat berperan aktif dalam mengemukakan keinginan dan harapannya sebagai dasar untuk memaksimalkan potensi yang mereka miliki. Siswa…