Hasil observasi di SMP Budi Mulia Pakisaji menunjukkan bahwa pembelajaran di kelas kurang interaktif, siswa cenderung pasif dan kesulitan memahami materi, serta prestasi belajar siswa rendah. Oleh…
Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal latihan, malu bertanya serta mengeluarkan pendapat menyebabkan keaktifan siswa belum nampak, hasil belajar siswa rendah juga dikarenakan siswa kurang …
Perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas. Hal ini yang akhirnya dapat menentukan meningkatnya minat dan motivasi belajar yang akan dicapai…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui pengaruh antara metode diskusi, metode talking stick, dan keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS Terpad…
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa SMP Negeri 23 Malang melalui model pembelajaran kooperatif dengan metode talking stick. Penelitian ini menggunakan p…
Kurangnya minat belajar siswa terhadap pelajaran matematika sekarang banyak terjadi di sekolah. Hasil observasi di kelas VII SMP Katolik Yohanes Gabriel Kesamben diketahui bahwa minat belajar matem…
Pembelajaran tematik digunakan sebagai salah satu alternatif untuk mensiasati kurikulum yang padat dan muatan kegiatan yang banyak dengan berbagai mata pelajaran, sehingga pada pembelajaran tematik…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendekatan Model Talking Stick dalam pembelajaran KTSP di kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Widoro Trenggalek, Kecamatan Gandusari Tambakboyo, K…
Hasil Observasi dikelas XI IPS 5 SMAN 2 Malang diketahui keaktifan dan hasil belajar siswa rendah. Rendahnya Keaktifan Belajar dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa kelas XI IPS 5 …
Pembelajaran dengan metode Talking Stick diawali oleh penjelasan guru mengenai materi pokok yang akan dipelajari. Peserta didik diberi kesempatan membaca dan mempelajari materi tersebut. Guru sela…