Selama ini proses pembelajaran, siswa terlihat masih menganut model pembelajaran konvensional, yaitu proses pembelajaran yang berpusat pada guru dan selama itu pula kemampuan siswa untuk aktif dala…
Berdasarkan hasil observasi awal di kelas VII F SMP Negeri 5 Kepanjen diketahui bahwa: (1) siswa kurang bersemangat saat mengikuti pelajaran matematika, (2) siswa cenderung pasif dan tidak aktif da…
Di kelas VII SMP PGRI 3 Malang, siswa menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit dimengerti dan salah satu mata pelajaran yang kurang disenangi. Hal ini mengakibatkan siswa tidak memperhati…
Pembaharuan dibidang kurikulum dalam pembelajaran, menuntut guru untuk dapat mengubah sistem pembelajaran dari yang berorientasi pada guru (teacher oriented) menjadi pembelajaran yang berorientasi …
Skala dana perbandingan merupakan materi yang hampir semuanya menyangkut permasalahan kehidupan sehari-hari dan menggunakan banyak contoh dalam kehidupan nyata. Namun dalam proses pembelajaran di …
Dalam kegiatan belajar mengajar, guru dan anak didik seharusnya dapat terlibat dalam sebuah interaksi dengan bahan pelajaran sebagai mediumnya. Interaksi dikatakan optimal bila interaksi itu terjad…
Di supermarket atau di pasar dapat dijumpai jenis barang-barang yang dijual dan dihimpun sesuai dengan jenisnya, penghimpunan jenis barang tersebut dapat mempermudah pembeli dalam memilih barang. H…
Di kelas VII SMP PGRI 3 Malang, siswa menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit dimengerti dan salah satu mata pelajaran yang kurang disenangi. Hal ini mengakibatkan siswa tidak memperhati…
Limpahadi, Fransiskus. 2013. Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Talking Stick Pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI 3 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pen…
Guru masih memegang peran utama dalam kegiatan pembelajaran, sedangkan siswa cenderung pasif dan berdampak pada hasil belajar yang masih minim dan harus ditingkatkan lagi. Untuk itu, guru seharusny…