Berdasarkan hasil observasi di kelas VIII A SMP Nasional Malang menunjukkan adanya beberapa permasalahan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran sudah menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi…
Proses pembelajaran di kelas sering kali dijumpai adanya kecenderungan siswa yang tidak mau bertanya pada guru meskipun sebenarnya belum mengerti materi yang diajarkan oleh guru. Pada pembelajaran …
Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal latihan, malu bertanya serta mengeluarkan pendapat menyebabkan keaktifan siswa belum nampak, hasil belajar siswa rendah juga dikarenakan siswa kurang …
Komunikasi dua arah secara timbal balik sangat diharapkan dalam proses belajar mengajar, demi tercapainya interaksi belajar yang optimal, yang pada akhirnya membawa kepada pencapaian sasaran hasil …
Peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia salah satunya dilakukan dengan cara pengembangan model pembelajaran yaitu model pembelajaran yang lebih menekankan siswa untuk lebih aktif dan kreatif d…
Observasi yang dilakukan pada tanggal 22 April sampai 6 Mei 2016 di SMP PGRI 2 Singosari diperoleh hasil sebagai berikut. (1) Penerapan model pembelajaran belum optimal, hal ini dikarenakan cara gu…
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan kogni…
Pembelajaran kooperatif disusun dalam sebuah usaha untuk meningkatkan partisipasi siswa, memfasilitasi siswa dengan pengalaman sikap kepemimpinan dan membuat keputusan dalam kelompok, serta memberi…
Kegiatan pembelajaran IPA dengan metode ceramah dan tidak adanya media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran membuat siswa bosan, ramai, asyik sendiri, pasif , sebagai penonton saja…
Rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika bukan semata-mata karena materi yang sulit, tetapi juga bisa disebabkan oleh proses pembelajaran yang dilaksanakan. Faktor yang juga ikut…