Permasalahan kurang beraninya peserta didik untuk mengungkapkan kesulitan yang dialaminya kepada guru dalam memahami materi yang diajarkan, sehingga peserta didik bersifat pasif dalam menerima mate…
Kemampuan pemecahan masalah merupakan bagian yang penting untuk dimiliki siswa khususnya dalam penerapan kurikulum 2013 dan rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa SMK kelas X karena kurangnya…
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Kutorejo yang disebabkan peserta didik tidak dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran. Tujua…
Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran Fisika kelas VIIIC SMP Nasional Malang masih bersifat teacher centered. Walaupun sudah menggunakan metode demonstrasi, LKS yang dikerjakan oleh siswa tidak…
Salah satu perubahan perilaku siswa pada saat pembelajaran adalah siswa kurang aktif dalam pembelajaran karena guru sering menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, guru dituntut mampu menciptak…
Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran IPA kelas VIII-D SMP Nasional Malang masih bersifat teacher centered. Walaupun sudah menggunakan metode demonstrasi, LKS yang dikerjakan oleh siswa tidak d…
Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran Fisika kelas VIII.A SMPK MBC OHE masih bersifat teacher centered. Walaupun sudah menggunakan metode demonstrasi, LKS yang dikerjakan oleh siswa tidak dibah…
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu komponen utama dalam mepelajari fisika. Namun dalam kenyataannya banyak siswa yang belum atau bahkan tidak mampu memecahkan masalah karena berbagai …
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model problem solving laboratory terhadap dan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep fisika pada siswa kelas VII A dan VII D SMP Neger…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Solving berbasis demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adal…