Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru mata pelajaran matematika kelas VII MTs. SA Roudhotus Syifa’ Kalipare banyak peserta didik yang masih kesulitan dalam menyelesaikan soal mat…
Pengamatan dan wawancara dengan guru matematika di SMPK Pancasila Mojorejo, diketahui bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang digunakan masih berisi soal-soal yang bersifat monoton dan belum s…
Penggunaan model pembelajaran yang tepat akan memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran Problem Posing dan Question Student Have (QSH) adalah model pemb…
Pembelajaran Ekonomi di kelas XI IPS 3 SMA PGRI Lawang, guru masih menerapkan pembelajaran konvensional dan cenderung didominasi oleh guru sehingga siswa menjadi pasif dan enggan untuk bertanya pad…
Peserta didik menganggap matematika merupakan pelajaran yang sangat sulit. Hal ini dibuktikan pada proses pembelajaran peserta didik kurang aktif. Ini sangat berpengaruh pada minat belajar matemati…
Berdasarkan hasil observasi di SDN Sukun 3 Malang Tahun Pelajaran 2019/2020, diketahui pada saat kegiatan belajar berlangsung, guru jarang menggunkan model pembelajaran, sehingga siswa megalami keb…
Pembelajaran Fisika di kelas VIII SMP PGRI 03 Malang selama ini berlangsung dengan model pembelajaran yang konvensional dan menggunakan metode ceramah. Standarketuntasanbelajarsiswapadakelas VIII S…
Pendidikan merupakan hal penting untuk membekali siswa menghadapi masa depan, seperti yang kita ketahui sampai saat ini bahwa mata pelajaran geografi merupakan salah satu mata pelajaran yang dirasa…
Berdasarkan observasi awal pada kelas VIII E di SMP Negeri 2 Malang, Pada tanggal 19 November 2018 peneliti melakukan koordinasi dengan guru IPS dan kepala sekolah, dan diperoleh kesepakatan pelaks…
Awal tahun ajaran 2017/2018 SMP Negeri 2 Bululawang mengalami permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas VII B pada mata pelajaran IPS. Observasi awal penelitian menunjukan bahwa dari 3…