Adanya soal pemecahan masalah pada buku matematika K13 yakni sebesar 33,64% tidak selaras dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik di Indonesia yang terbilang rendah menurut survei PISA. Ta…
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal yang dilakukan pada beberapa siswa SMP yang menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa masih belum optimal. Berawal dari hasil te…
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu komponen utama dalam mepelajari fisika. Namun dalam kenyataannya banyak siswa yang belum atau bahkan tidak mampu memecahkan masalah karena berbagai …
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model Model Pembelajaran Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Dari Ketrampilan Proses Fisika SMK Muhammadiyah…
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, (2) untuk mengetahui model …
Model pembelajaran project based learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang berbasis proyek dan berpusat kepada siswa, sedangkan model konvensional merupakan model pembelajaran yang berpusat…
Penelitian ini bertujuan untuk untuk (1) Mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik terhadap materi usaha dan enegi (2) Mengetahui peningkatan dan perbedaan kemampuan pemecahan masalah pe…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa, ada interaksi antara pembelajaran Brain Based Learning (BBL) berbasis multirepresentasi dan kemampuan awal siswa terhada…
Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan kualitas keterlaksanaan model Problem Based Learning, 2) mengetahui penerapan model PBL dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa SM…
Perkembangan teknologi abad 21 semakin maju memberikan dampak pada media digital yang marak dalam penggunaanya untuk mencari informasi dengan tepat. Dalam penggunaan teknologi diperlukan kemampuan …