Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi di SMAN 2 Malang kelas XI bahwa proses pembelajaran yang diadakan didalam kelas menggunakan buku paket yang disediakan oleh pihak sekolah s…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing materi Cahaya untuk meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas kelas VIII MTs Najatud Daroin…
Proses pembelajaran khususnya pembelajaran IPA akan lebih efektif apabila siswa memperoleh pengalaman nyata. Dalam meningkatkan mutu pembelajaran perlu adanya penggunaan model pembelajaran yang men…
Komputer merupakan mata pelajaran yang kurang diminati oleh siswa SMK Grafika ” Karya Nasional ” Malang karena guru dalam memberikan materi masih menggunakan metode konvensional sehingga siswa …
Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan matapelajaran yang kurang diminati oleh siswa MTS Hasyim Asyhari Sutojayan Kecamatan Pakisaji karena guru dalam memberikan materi masih menggunakan metode konvensi…
Berdasarkan hasil observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran fisika di kelas XI MIA 1 dan XI MIA 3, siswa kurang bisa menerima metode pembelajaran yang di terapkan oleh guru. Yang kurang melibatka…
Strategi pembelajaran inkuiri yaitu strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Ada beberapa macam strategi pembelajaran inkuiri diantaranya satrategi pembelajaran inkuiri terbimbing, inkuiri b…
Berdasarkan hasil observasi di MAN 2 Pamekasan diketahui bahwa siswa sulit memahami pembelajaran yang diharapkan oleh guru. Selain itu siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Sedangkan fi…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode numbered heads together terhadap prestasi belajar ditinjau dari motivasi belajar siswa. Peneli…
Sebagian peserta didik mengaku jenuh dengan tugas-tugas yang hanya bersifat teoritis yang hanya tinggal menyalin dari buku teks dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Guru belum menggunakan pen…