Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 12 dan 14 November 2009 pada kelas VII-I di SMP Islam Ma’arif 02 malang diketahui bahwa kelas ini mendapatkan nilai rendah dan siswa cender…
Pemilihan pendekatan dan metode pembelajaran yang tepat merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan kualitas proses pembelajaran. Secara efektif dan efisien proses pembelajaran yang sesua…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan metode kooperatif tipe CIRC melalui penyusunan peta konsep dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dari pada melalui peta…
Metode pembelajaran yang diterapkan di SMK Negeri 1 Malang adalah metode konvesional dimana guru lebih mendominasi kegiatan pembelajaran, tugas kepada siwa cenderung positif dan pemberian tugas kep…
Hasil wawancara dengan guru Akuntansi di SMK PGRI 06 Malang, menunjukan bahwa pembelajaran yang selama ini diterapkan dikelas masih menggunakan metode ceramah sehingga mengakibatkan siswa menjadi p…
Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara dengan guru mata pelajaran akuntansi di kelas X-Ak SMK PGRI 6 Malang, diperoleh data bahwa sebagian besar siswa ketika mulai pelajaran akuntansi tidak…
Hasil studi awal dengan pengamatan menunjukkan bahwa sebagian siswa kelas X ADM SMK NU Bululawang Kabupaten Malang kurang aktif saat mengikuti pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada perolehan ra…
Kemampuan pemecahan masalah merupakan bagian yang penting untuk dimiliki siswa khususnya dalam penerapan kurikulum 2013 dan rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa SMK kelas X karena kurangnya…