Peneliti menemukan permasalahan dalam penelitian ini terdapat kekurangan tingkat pencapaian perkembangan anak 4-5 tahun dalam mengenal lambang huruf hijaiyah. Permasalah ini dilihat dari anak y…
Penelitian ini di latar belakangi adanya permasalahan yaitu masih terdapat kekurangan tingkat pencapaian perkembangan anak dalam mengenal lambang bilangan yang dapat dilihat dari kemampuan anak…
Kepercayaan diri merupakan sikap positif individu dalam memampukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan dan situasi yang dihadapiny…
Kecemasan berbicara didepan kelas merupakan perasaan takut yang dialami oleh peserta didik yang ditandai dengan adanya perasaan tegang, gugup, ketakutan berupa perasaan negatif dalam melakukan …
Penelitian ini di latar belakangi adanya permasalahan yaitu masih terdapat kekurangan tingkat pencapaian perkembangan anak dalam mengenal lambang bilangan yang dapat dilihat dari kemampuan anak y…
Apresiasi sastra, sejajar dengan pokok bahasan lain, harus dipelajari dan dikuasai oleh siswa. Sasaran penguasaan pokok bahasan apresiasi sastra Indonesia ini terumus dalam tujuan pengajaran apresi…
Apresiasi sastra, sejajar dengan pokok bahasan lain, harus dipelajari dan dikuasai oleh siswa. Sasaran penguasaan pokok bahasan apresiasi sastra Indonesia ini terumus dalam tujuan pengajaran apresi…
Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dalam kegiatan pembelajaran secara klasikal menyebabkan kurangnya stimulus perkembangan kognitif anak usia dini. Oleh karena itu, maka perlu in…
Calon guru yang merupakan calon pendidik dan pengajar, harus memiliki kemampuan untuk berpikir reflektif dalam pembelajaran. Berpikir reflektif yang dilakukan memiliki dampak yang baik dalam pengem…
Kemampuan siswa pada ranah kognitif adalah kecakapan atau potensi yang dimiliki siswa yang terdiri dari enam aspek, yaitu pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sisntesis dan evaluasi. Motivas…