Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa dalam mengerjakan soal fisika berdasarkan teori pemecahan masalah polya. Penelitian ini menggunkaan pendekat…
Selama ini pembelajaran yang diterapkan oleh guru adalah pembelajaran konvensional. Dimana pada pembelajaran konvensional, kemampuan akademik siswa yang heterogen jarang diperhatikan oleh guru. Gu…
Kemampuan dalam memecahkan masalah matematika yang rendah pada siswa disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang masih didominasi oleh guru. Siswa kurang diberi kesempatan untuk mengembangkan potens…
Kemampuan pemecahan masalah matematika adalah kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui, ditanyakan, mampu menyusun model matematika dapat memilih stategi pemecahan dan mampu memeriksa …
Analisis merupakan penyelidikan suatu peristiwa untuk mengetahui apa sebabnya, bagaimana jenis masalahnya, dengan analisis diharapkan sesorang mempunyai pemahaman yang dapat memilah suatu kesalahan…
Adanya soal pemecahan masalah pada buku matematika K13 yakni sebesar 33,64% tidak selaras dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik di Indonesia yang terbilang rendah menurut survei PISA. Ta…
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal yang dilakukan pada beberapa siswa SMP yang menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa masih belum optimal. Berawal dari hasil te…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model Model Pembelajaran Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Dari Ketrampilan Proses Fisika SMK Muhammadiyah…
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, (2) untuk mengetahui model …
Model pembelajaran project based learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang berbasis proyek dan berpusat kepada siswa, sedangkan model konvensional merupakan model pembelajaran yang berpusat…