Hasil wawancara dengan guru Akuntansi di SMK PGRI 06 Malang, menunjukan bahwa pembelajaran yang selama ini diterapkan dikelas masih menggunakan metode ceramah sehingga mengakibatkan siswa menjadi p…
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di MTs Sunan Ampel Ketitang, diperoleh bahwa saat berlangsungnya proses belajar mengajar, perhatian siswa masih kurang. Hal in…
Salah satu masalah yang dihadapkan pada dunia pendidikan adalah usaha untuk meningkatkan proses belajar mengajar di kelas, sehingga diperoleh kegiatan belajar yang efektif dan efisien. Permasalahan…
Pembelajaran matematika di kelas VII-A MTs Al-Ihsan Jeru Turen menggunakan metode ceramah yang mengarahkan pada teacher centered. Selain itu, siswa kurang aktif, tingkat berpikir secara individu ku…
Pembelajaran kewirausahaan yang berjalan selama ini cenderung ditunjukkan pada keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal-soal secara konsepsional yang diajarkan oleh guru. Masalah yang timbul ada…
Komunikasi dua arah secara timbal balik sangat diharapkan dalam proses belajar mengajar, demi tercapainya interaksi belajar yang optimal, yang pada akhirnya membawa kepada pencapaian sasaran hasil …
Siswa yang kesulitan memahami konsep-konsep pada materi pelajaran ekonomi apalagi mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, hal ini di antaranya disebabkan karena siswa tidak terbiasa berpikir k…
Pemakaian model pembelajaran adalah langkah kongkrit pengaplikasikan strategi pembelajaran. Apabila guru tepat dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi di kelas, maka tujuan pemb…
Proses pembelajaran yang masih terpusat pada guru menyebabkan pelajaran kurang efektif dan berdampak pada hasil belajar yang rendah. Pada SMP Negeri Unggulan Ohoijang Maluku-Tenggara, guru mengajar…
Pembelajaran matematika di kelas XI APK berlangsung secara monoton dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diakhiri dengan penugasan individu. Selain itu, siswa lebih banyak menghafal r…