Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Kutorejo yang disebabkan peserta didik tidak dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran. Tujua…
Metode pembelajaran yang sering digunakan guru adalah metode ceramah dan tanya jawab yang kurang bervariatif, dimana siswamencatat semua materi yang disampaikan jika guru telah menginstruksikan unt…
Observasi penulis menunjukkan bahwa kecenderungan kegiatan belajar mengajar di SMK NU Bululawang dalam materi akuntansi, penggunaan metode lebih menekankan pada nilai kognitif (pengetahuan) terkada…
Model maupun metode yang digunakan oleh guru adalah metode ceramah dan Tanya jawab, bukan berarti metode seperti ini kurang baik untuk diterapkan oleh siswa, karena dalam proses pembelajaran sepert…
Berdasarkan hasil observasi di kelas XI IPA SMA Negeri Oenopu (NTT), sebagian besar siswa mengganggap Fisika itu sulit. Hal ini menyebabkan motivasi belajar sangat rendah sehingga prestasi belajar …
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa pada Studi Pembelajaran PKn di SMP Katolik Marsudisiwi Malang. Dalam penelitian ini mengun…
Pembelajaran inquiry-discovery adalah suatu teknikinstruksional dimana dalam proses belajar mengajar. Pengajaran ini untuk menarik siswa menyelidiki sejumlah informasi dalam rangka mencari pemecaha…
Lemahnya pemahaman konsep fisika disebabkan karena proses pembelajaran yang masih bersifat teacher center melalui metode ceramah. Merujuk pada teori para ahli dan penelitian terdahulu, peneliti men…
Penelitian ini fokus membahas perbedaan prestasi belajar (kognitif) antara penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dan konvensional. Penelitian ini menggunakan dua kelas d…
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e-modul berbasis pembelajaran H-GI pada pokok bahasan gerak melingkar beraturan yang telah teruji kelayakan dan keefektifannya…