Peranan guru dalam proses pembelajaran adalah untuk mengarahkan siswa ke dalam proses belajar dimana mereka dapat memperoleh tujuan belajar sesuai dengan apa yang diharapkan. Tujuan tersebut adalah…
Observasi yang dilakukan pada tanggal 15 September sampai 4 Oktober 2015 di SMP Negeri 23 Malang diperoleh hasil sebagai berikut. (1) Penerapan model pembelajaran belum optimal, hal ini dikarenakan…
Salah satu penyebab kurang antusias siswa belajar IPA karena kegiatan siswa belajar menggunakan bahan ajar berupa LKS (Lembar Kegiatan Siswa) yang berisi tentang soal-soal, belum ada petunjuk pembe…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model Model Pembelajaran Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Dari Ketrampilan Proses Fisika SMK Muhammadiyah…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) perbedaan penguasaan konsep Fisika antara siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbasis asesmen kinerja dengan siswa yan…
Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang berasosiasi dengan pembelajaran kontekstual. Pembelajaran artinya dihadapkan pada suatu masalah, yang kemudian dengan melal…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang diajarkan dengan model problem based leraning dengan pendekatan multiple representation dengan si…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian…
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan kemampuan berfikir kritis siswa, antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan yang menggunak…
Tujuan dari penelitian tidakan kelas ini adalah untuk meningkakan kualitas pelaksanaan pembelajaran kelas VII, meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas VII, dan untuk meningkatkan penguas…