Electronic Resource
Pengaruh Kemampuan Inovasi Dan Kecerdasan Emosional Guru Terhadap Keefektifan Sekolah Dasar Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kecamatan Kedungkandang Dan Sukun Kota Malang
Guru memiliki peranan penting dalam tercapainya sebuah keefektifan yang di
miliki oleh sebuah sekolah. Sekolah sendiri bisa di katakana efektif apabila sekolah telah meluluskan siswa dengan berbagai keterampilan dan pengetahuan yang bisa di terapkan pada jenjang sekolah selanjutnya dan pada kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu kompetensi guru harus selalu mengalami perbaikan, tidak terkecuali dengan kemampuan inovasi dan kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan inovasi dan kecerdasan emosional guru terhadap keefektifan sekolah dasar.
Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner atau angket. Dengan pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh / sensus dimana semua populasi penelitian dijadikan sampel penelitian. Pada penelitian ini mengambil data dari guru PNS yang ada di 3 Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kedungkandang dan 1 Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sukun, yaitu : SDN Lesanpuro 1 Kecamatan Kedungkandang, SDN Kedungkandang 2 Kecamaran Kedungkandang, SDN Bumiayu 3 Kecamatan Kedungkandang dan SDN Sukun 1 Kecamatan Sukun, dengan jumlah sampel penelitian 30 orang guru PNS. Teknik analisis data meliputi uji instrument, uji regresi linieritas bergandan dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh secara signifikansi antara variabel Kemampuan Inovasi (X1) terhadap Keefektian Sekolah (Y) karena hasil analisis statistik menunjukkan nilai 0,002 < 0,05 dan nilai t-hitung 3,433 > nilai t-tabel 2,025, maka Ho ditolak dan Ha diterima. (2) terdapat pengaruh secara signifikan antara variabel Kecerdasan Emosional (X2) terhadap Keefektifan Sekolah (Y) karena hasil analisis bahwa nilai 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung 5,722
> nilai t-tabel 2,025, maka Ho ditolak dan Ha diterima. (3) terdapat pengaruh secara signifikansi antara variabel Kemampuan Inovasi (X1) dan Kecerdasan Emosional (X2) terhadap Keefektifan Sekolah (Y) karena hasil analisis statistic menunjukkan nilai 0,000 < 0,05 dan nilai f-hitung 15,978 > nilai f-tabel 3,35, maka Ho1 ditolak dan Ha1 diterima.
21345681/SB/2024 | KKI 372 DIT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain