Electronic Resource
Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Tematik di SDN Kabupaten Trenggalek Skripsi.
uru dalam proses pembelajaran berperan penting dalam keberhasilan pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas. Kompetensi pedagogik guru perlu untuk ditingkatkan karena berkaitan dengan pengelolaan kelas dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik. Skripsi ini membahas tentang analisis kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik dan kendala-kendala yang dihadapi serta upaya dalam mengatasi kendala pelaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik di SDN Kabupaten Trenggalek Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik di SDN Kabupaten Trenggalek sudah terpenuhi secara menyeluruh. Guru kelas II dan V yang mengajar di SDN 01 Buluagung, SDN 02 Ngentrong dan SDN 04 Dompyong sudah menerapkan enam indikator yaitu (a) menguasai karakteristik peserta didik, (b) menguasai teori belajar dan prinsipāprinsip pembelajaran yang mendidik, (c) pengembangan kurikulum, (d) kegiatan pembelajaran yang mendidik, (e) pengembangan potensi peserta didik, (f) penilaian dan evaluasi. Dengan kompetensi pedagogik baik maka guru akan lebih mudah mengimpletasikan kurikulum 2013. Kendala yang dialami guru dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik di SDN Kabupaten Trenggalek yaitu (a) cakupan materi yang tidak meluas, (b) penilaian autentik. Upaya untuk mengatasi kendala mengenai cakupan materi yang tidak meluas yaitu guru mencari materi/ informasi tambahan melalui internet, kemudian mengenai penilaian autentik, dari pihak sekolah mengupayakan adanya kegiatan pertemuan/ koordinasi/ rapat/ KKG setiap satu bulan sekali untuk membahas mengenai kesulitan dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 terutama penilaian autentik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik dan kendala yang dihadapi guru dalam kompetensi pedagogik serta upaya dalam mengatasi kendala kompetensi pedagogik guru di SDN Kabupaten Trenggalek sudah terpenuhi dan diatas semuanya.
21345648/SB/2023 | KKI 372 DEF a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain