Electronic Resource
Pengaruh Model Generative Learning Berbantuan Media Gambar terhadap Keterampilan Proses Menulis Siswa Kelas IV di SDN Sukun 2 Malang
Keterampilan merupakan suatu kemampuan yang mempunyai peran sentral untuk menunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pada proses pembelajaran tematik khususnya keterampilan menulis, penguasaan bahasa tulis siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan model
pembelajaran konvensional, sehingga menyebabkan siswa mudah jenuh dan kurang tertarik. Model Generative Learning berbantuan gambar merupakan salah satu
solusi untuk meningkatkan siswa dengan mengaktifkan pengetahuan siswa dibantu media gambar dalam mengembangkan gagasan dalam menulis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: untuk mengetahui pengaruh model Genarative Learning berbantuan media gambar terhadap keterampilan proses menulis siswa kelas IV SDN Sukun 2 Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimen semu dengan pendekatan kuantitatif rancangan pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari kelas IVA dan IVB yang berjumlah 74 siswa tahun ajaran 2018-2019.. Nilai keterampilan proses menulis didapat dari pemberian pretest-postestdalam bentuk angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji regresi linier sederhana dengan bantuan program Excel dan SPSS 16.0
for Windows. Berdasarkanpenelitian yang dilakukan, hasil pengujian analisis menggunakan gain score dan regresi linier sederhana pada nilai pretest menunjukkan ada perbedaan terhadap keterampilan proses menulis dengan nilai thitung= 31,666 sedangkan ttabel= 1.73 atau thitung> ttabeldengan nilai Sig. 0,000 lebih kecil 0,05 maka H0ditolak (Ha diterima). Sedangkan pengujian hipotesis diatas merupakan pengujian dengan Uji F. Nilai Fhitungyaitu 20,626 selanjutnya untuk pengujian hipotesis maka nilai tersebut dibandingkan dengan nilai Ftabel pada taraf α = 0,05 derajat bebas. Maka Fhitung(20,626) >Ftabel (2.38) atau nilai Sig. 0,000 < 0,05 maka H0ditolak (Ha diterima) artinya model generative learning berbantuan media gambar memiliki pengaruh signifikan terhadap keterampilan proses menulis.
21345637/SB/2023 | KKI 372 HER p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain