Electronic Resource
Efektivitas Konseling Cognitive Behavior Teraphy Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Self Esteem Mahasiswa Manggarai Di Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
Self esteemimerupakanpkemampuan seseorang untukpmenghargai diri sendiri. Individu dikatakan memiliki kategori self esteem rendah jika individu menganggap
dirinyaj tidak berarti saat berada di lingkunganisosial, individu merasa tidak aman karena memili relasi yang tidak baik dengan orang tua, sahabat sebayapdan lingkungan sosial sekitarnya. Individu yang memiliki self esteem rendah dapat menghambat individu dalam berinteraksi dengan teman, dosen dan orang disekitarnya sehingga berdampak pada menurunnya prestasi dibidang akademik. Permasalahan tersebut dialami oleh Mahasiswa Manggarai yang sedang melanjutkan pendidikan di Universitas PGRI Kanjuruhan Malang dan memiliki self esteem rendah, sehingga diperlukan sebuah upaya dalam meningkatkan self esteem individu melalui konseling cognitive behavior teraphy teknik cognitive restructuring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling cognitive behavior teraphy teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan self esteem mahasiswa manggarai di Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pre - eksperimen dengan design “one group pretest-posttest. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga dari hasil pengambilan sampel diperoleh 5 subjek yang memiliki self esteem yang berkategori rendah dilihat dari skor
skala self esteem yang telah disebarkan peneliti. Selanjutnya dalam pengumpulan data peneliti yang telah teruji validitas dan reliabilitas, observasi, wawancara dan lembar refleksi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistic nonparametrik dengan uji jenjang wilcoxon (wilcoxon’s signed rank test), yang diolah dengan bantuan SPSS 22. 0 For Windows. Hasil analisis penelitian Self esteem sebelum diberikan treatment memiliki skor rata-rata 81, setelah diberikan treatment skor rata-rata mencapai 136,4. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan dari sebelum diberikan treatment dan sesudah diberikan treatment. Didukung dengan hasil uji coba hipotesis yang menunjukkan Zhitung sebesar -2,032 dengan nilai signifikansi 0,042. Oleh karena itu signifikansi sebesar 0,042 (sig< 0,05) maka Ho ditolak dan Hl diterima. Maka dapat disimpulkan Konseling cognitive behavior teraphy teknik cognitive restructuring efektif untuk meningkatkan self esteem mahasiswa manggarai di Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, dapat dianjurkan kepada konselor agar dapat menerapkan konseling cognitive behavior teraphy teknik cognitive restructuring ini untuk meningkatkan self esteem mahasiswa. Karena hasil penelitian ini telah terbukti bahwa konseling kelompok cognitive behavior teraphy teknik cognitive restructuring efektif meningkatkan self esteem mahasiswa. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan agar lebih selektif dalam memilih sampel penelitian supaya memperoleh hasil penelitian yang lebih baik lagi.
21345596/PB/2023 | KKI 371.4 LIL e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain