Electronic Resource
Pengembangan E-Modul Berbasis Multikultural Mata Pelajaran IPA Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan model ADDIE. Model ini disusun secara terprogram dengan urutan-urutan kegiatan yang sistematis dalam upaya pemecahan masalah belajar yang berkaitan dengan sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik pebelajar. Model ini terdiri atas lima langkah, yaitu: (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Model ini dapat digunakan untuk berbagai macam bentuk pengembangan produk seperti model, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, media dan bahan ajar.
Berdasarkan hasil analisis penelitian ini memperoleh aspek kelayakan e-modul dengan rata-rata presentase dari ahli media memiliki rata-rata presentase 88,82% dengan kategori “Sangat Layak”. Tingkat kelayakan dari ahli materi dengan rata-rata presentase 75,73% yang artinya “Layak”. Tingkat kelayakan produk dari ahli bahasa yaitu memiliki presentase 95,83% yang artinya “Sangat Layak”. serta memperoleh rata rata presentase dari kepraktisan respon guru 93,85% kriteria sangat praktis, dan kepraktisan dari respon siswa adalah 88,6% yang artinya “Sangat Efektif”. Berdasarkan hasil tersebut, Pengembangan E-Modul Berbasis Multikultural Pada Materi IPA Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV SD dapat digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria sangat layak dan praktis. Penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi guru, siswa dan bagi peneliti lain yang dapat digunakan sebagai referensi selanjutnya.
21345399/PB/2023 | KKI 372 RAH p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain