Electronic Resource
Diksi Dalam Wacana Penawaran Online Shop Di Media Sosial Instagram
Maraknya online shop saat ini memudahkan proses jual beli yang cepat dan praktis. Penjual hanya perlu menawarkan produk dengan kata-kata saja untuk mendatangkan pembeli. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kata yang digunakan pedagang online di media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah penjual online shop saat melakukan penawaran barang pada kolom komentar postingan figure publik Indonesia. Data yang diperoleh berupa kata dan frasa. Instrumen utama adalah peneliti, dengan instrumen pendukung berupa laptop, telepon genggam, dan media sosial instagram. Teknik pengumpulan data dengan cara mengamati sumber data, menentukan data, mengambil data dengan tangkapan layar, memindahkan data. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini dengan cara klasifikasi data dan analisis data. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan jenis kata adjektiva, adverbia,
bilangan, nomina, konjungsi, preposisi, pronominal, seru, suruh, tanya, dan verba. Bentuk ortografi ditemukan penghilangan di awal kata, penghilangan di tengah kata, penghilangan di akhir kata, penambahan di awal kata, penambahan di tengah kata, dan penambahan di akhir kata. . Penelitian ini dimaksudkan untuk menginspirasi mahasiswa, sebagai sumber referensi. Bagi para guru dapat menjadi media dan bahan ajar jenis kata. Bagi peneliti lanjut agar memperdalam atau memperluas penelitian ini
21345363/SB/2023 | KKI 410 WAT d/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain