Electronic Resource
Analisis kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar Pada Materi Operasi Penjumlahan Berdasarkan Kemampuan Metakognitif
Pengembangan kesadaran metakognitif, siswa diharapkan supaya terbiasa untuk selalu memonitor, mengontrol, dan mengevaluasi apa yang dikerjakannya. Dengan itu, pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa dapat dilakukan dengan cara peneliti memandang bahwa pendekatan metakognitif. Melalui kemampuan metakognitif juga siswa diharapkan dapat menyelesaikan soal dengan kemampuan berpikir kritis untuk memudahkan siswa dalam mempelajari matematika.
Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mendeskripsikan bagaimana analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas III sekolah dasar pada materi operasi penjumlahan berdasarkan kemampuan metakognitif. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kelas III SDN Bandungrejosari 01 Malang.
Kemampuan berpikir kritis siwa tergolong dalam kategori rendah bedasarkan masalah kemampuan berpikir kritis siwa yang rendah, peneliti tertarik dengan judul Analisis Kemampun Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar Pada Materi Operasi Penjumlahan Berdasarkan Kemampuan Metakognitif. Desain peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode skoring. Banyak siswa kelas III SD adalah 27 orang. Dokumentasi dan kuesioner berfungsi sebagai sarana penelitian. Berdasarkan data penelitian yang dilakukan di SDN Bandungrejosari 01 dalam pretes siswa memliki kemampuan berpikir kritis yang tergolong dalam kategori rendah yaitu 44,44%, dan pada pengisian angket metakognitif menunjukan dalam indikator penilaian memilki prosentasi tinggi yaitu 41,92% dan terendah pada indikator perencanaan yaitu 25,05% dan pada indikator pemantauan 34,03% serta dalam pengisisan angket berpikir kritis siwa memilki persentasi terggi pada indikator interprestasi 27,6% dan terendah pada indikator evaluasi 23,2% sedangkan pada indikator analisis 24,8% dan indikator inferensi 24,4 %. Semoga hasil penelitian ini memberikan informasi penting bagi sekolah untuk mengambil tindakan yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil belajar
21345297/PB/2023 | KKI 372 ODI a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain