Electronic Resource
Pemgembangan Evaluasi Belajar Digital Dalam Mewujudkan Suistainable Development Goals (SDGs) Pada Siswa Sekolah Dasar)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tujuan SDGs salah satunya adalah pembelajaran yang berkualitas dan tujuan lain yaitu penanganan perubahan lingkungan. Dalam mewujudkan hal tersebut dibutuhkan sebuah sumber belajar yang berkualitas dan memuat literasi lingkungan serta disesuaikan dengan kebutuhan masa kini yaitu menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti mengembangkan sebuah Alat Evaluasi Belajar digital dengan menggunakan aplikasi Kahoot!. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kelayakan Evaluasi Belajar digital dalam mewujudkan SDGs untuk siswa sekolah dasar, 2) mengetahui kepraktisan Evaluasi Belajar digital dalam mewujudkan SDGs untuk siswa sekolah dasar.
Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model ADDIE yang disederhanakan yakni: Analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluate). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 02 Putatkidul Gondanglegi. Instrument pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif.
Evaluasi Belajar digital yang dibuat menggunakan aplikasi Kahoot! berdasarkan hasil validasi materi memperoleh skor 93,75% dengan kategori sangat layak, hasil validasi bahasa memperoleh 95% dengan kategori sangat layak, Hasil validasi kepraktisan guru memperoleh 88,8% dengan kategori sangat praktis, hasil kepraktisan siswa memperoleh 94% dengan kategori sangat praktis. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa Evaluasi belajar digital menggunakan aplikasi Kahoot! untuk siswa sekolah dasar dapat dikatakan layak dan praktis digunakan sebagai sumber belajar untuk menunjang keberhasilan tujuan pembelajaran dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs).
21345126/PB/2022 | KKI 372 AZK p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain