Electronic Resource
Analisis Kemampuan Prosedural Penjumblahan Dan Pengurangan Pecahan Campuran Siswa SMP Berdasarkan Teori Apos
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal yang dilakukan pada beberapa siswa SMP yang menunjukkan bahwa kemampuan prosedural penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran siswa masih belum optimal. Bermula dari hasil tersebut peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan prosedural penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran siswa SMP berdasarkan teori APOS.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Untuk mendapatkan data yang diperlukan peneliti menggunakan instrumen yaitu tes tertulis yang memuat 4 butir soal, pedoman wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas VII-E SMP Negeri 17 Malang yang terdiri masing-masing 2 dari siswa kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Peneliti menggunakan triangulasi teknik dalam rangka untuk mengecek keabsahan data yang telah diperoleh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan prosedural penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran pada tahap aksi, proses, objek dan skema. Siswa berkemampuan sedang mampu memenuhi indikator kemampuan prosedural penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran pada tahap aksi, proses dan objek, namun tidak mampu memenuhi indikator pada tahap skema. Siswa berkemampuan rendah mampu memenuhi indikator kemampuan prosedural penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran pada tahap aksi, namun tidak mampu memenuhi indikator pada tahap proses, objek dan skema. Saran bagi pendidik, sebaiknya lebih memperhatikan bagaimana siswa melakukan aktivitas prosedural pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran dan membiasakan siswa mengerjakan soal-soal matematika terkait aplikasi dari aktivitas prosedural yang telah diajarkan sebagai upaya peningkatan kemampuan prosedural siswa dalam menyelesaikan berbagai permasalahan matematika. Bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini sangat direkomendasi untuk dikembangkan lebih lanjut sebagai upaya dalam peningkatan mutu pendidikan.
21344724/SB/2022 | KKI 510 ALW a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain