Electronic Resource
Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flipbook Maker Menggunakan Model Addie Dan Efektivitas Terhadap Hasil Belajar Geografi
Bahan ajar elektronik merupakan suatu bahan ajar/buku ajar yang merupakan buku digital yang akan dipublikasi dalam format digital, berisi tulisan, gambar, yang dapat digunakan melalui perangkat komputer atau perangkat digital lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar elektronik geografi serta efektivitasnya terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) serta eksperimen, penelitian dan pengembangan dilakukan dengan menggunakan modifikasi model ADDIEdengan tahap sebagai berikut: (1) Analisis; (2) Desain; (3) Pengembangan; (4) Implementasi; dan (5) Evaluasi. Data yang diperoleh dalam pengembangan dan penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari kritik, saran, dan komentar dari ahli validator yaitu ahli validasi materi, ahli validasi bahasa, dan ahli validasi kegrafikan/desain, serta tanggapan dari subjek uji coba, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari data skor tiga sumber yaitu: skor tanggapan validator ahli, skor tanggapan uji coba, dan skor jawaban siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman bahan ajar elektronik. Instrumen pengumpulan data terdiri dari: angket, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian dan pengembangan menghasilkan produk berupa bahan ajar elektronik geografi yang dinilai layak digunakan, oleh para ahli dan mendapatkan respon positif dari siswa dan pendidik. Ahli materi menyatakan bahwa bahan ajar elektronik layak digunakan dengan persentase 71,6 %. Ahli bahasa menyatakan bahwa bahan ajar elektronik valid dengan persenatse 84,4 %. Dan ahli media/desain menyatakan bahwa bahan ajar elektronik layak digunakan dengan persentase 73,3 %.
Saran, semoga peneliti selanjutnya bisa menggunakan model ADDIE dalam penelitian pengembangan bahan ajar selanjutnya, lebih memperhatikan karakteristik model ADDIE sehingga pemahaman siswa dalam belajar meningkat.
21344687/SB/2022 | KKI 910 IRW p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain