Electronic Resource
Pengembangan E-Modul Berbasis Karakter Nasionalis Pada Muatan PPKn Kelas 4 Sdn Gadang 1 Kota Malang
Modul Elektronik (E-Modul) merupakan sarana pembelajaran yang berisikan materi, metode, dan evaluasi yang disusun secara sistematis dan disajikan dalam bentuk elektronik. E-Modul ini dapat digunakan dalam menunjang pembelajaran daring, karena modul berbentuk cetak kurang efektif dalam penggunaanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan EModul yang akan digunakan sebagai bahan penunjang siswa kelas 4 di sekolah dasar. E-Modul dikembangkan dengan Book Creator untuk menambahkan beberapa komponen seperti audio, video, dan link. E-Modul ini berbasis karakter nasionalis yang diimplementasikan kedalam muatan PPKn dengan materi “keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya” yang disajikan dalam bentuk kegiatan seperti (1) menyebutkan berbagai keragaman yang ada di Indonesia; (2) menerapkan sikap kebhinekaan dengan melestarikan budaya bangsa Indonesia; (3) menjunjung toleransi antar umat beragaman yang ada di Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan model ADDIE yang meliputi lima tahap seperti (1) Analyze; (2) Design; (3) Develop; (4) Implement; (5) Evaluate. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Angket digunakan untuk mengukur kelayakan dan kepraktisan dan tes digunakan untuk mengukur keefektifan. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif yang digunakan untuk mengelola hasil kritik dan saran. Hasil penelitian melalui penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan 83,92 % (Layak), ketercapaian oleh ahli bahasa mendapatkan 94,44 % (Sangat Layak), dan ketercapaian ahli desain mendapatkan 83,75 % (Layak). Penilaian kepraktisan oleh guru mendapatkan 94,1 % (Sangat Baik) dan penilaian kepraktisan oleh siswa mendapatkan 87,1 % (Sangat Baik). Penilaian keefektifan dengan menggunakan hasil tes siswa mendapatkan hasil 85 (Efektif). Pengembangan bahan ajar penunjang selama pembelajaran daring berlangsung khususnya E-Modul yang lebih interaktif sehingga siswa tidak bosan selama pembelajaran daring dilakukan.
21344417/SB/2022 | KKI 372 PRA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain