Electronic Resource
Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Aplikasi Unity Pada Materi Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya Kelas IV SDN Tugurejo 01 Wates Blitar
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin maju dengan pesat, hal ini juga berpengaruh dalam dunia pendidikan, semua memanfaatkan teknologi, Dengan adanya teknologi yang semakin maju, sesuai dengan situasi saat ini yaitu proses pembelajaran daring, sehingga para pendidik diwajibkan mengajar dengan sistem online. Tetapi masih banyak guru yang belum memanfaatkan teknologi dengan baik. Karena berdasarkan wawancara yang dilakukan peneliti guru masih menggunakan cara yang monoton ketika mengajar, belum membuat bahan ajar yang menarik siswa. Hal tersebut mengakibatkan pembelajaran kurang sesuai dengan kebutuhan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengembangkan bahan ajar EModul berbasis Unity, mendeskripsikan kelayakan dari bahan ajar E-Modul berbasis Unity,
mendeskripsikan kepraktisan dari bahan ajar E-Modul berbasis Unity, mendeskripsikan efektifitas dari bahan ajar E-Modul berbasis Unity.Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model ADDIE dengan lima tahap yakni: Analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi. Subjek ujicoba pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tugurejo 01 Wates Blitar. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Bahan ajar melalui tahap validasi terlebih dahulu oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa dan calon pengguna (guru) kemudian diuji cobakan kepada siswa kelas IV SDN Tugurejo 01 sebanyak 8 siswa. Teknik analisis menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menghasilkan produk yaitu bahan ajar kelas IV semester I materi bagian tumbuhan dan fungsinya. Bahan ajar E-Modul berdasarkan hasil validasi oleh ahli media mendapatkan presentase 88%. Penilaian dari ahli materi mendapatkan presentase 75%. Penilaian dari ahli bahasa mendapatkan presentase 86%. Penilaiam oleh calon pengguna (guru) mendapatkan presentase 95%. Penillaian hasil respon siswa pada ujicoba lapangan mendapatkan presentase 90%. Hasil keefektifan siswa mendapatkan 78%. Berdasarkan paparan hasil penelitian diatas, bahan ajar E-Modul dikategorikan “Layak” atau “Sangat Baik” untuk digunakan dilapangan. Bahan ajar ini dapat digunakan guru sebagai media pembelajaran, membantu siswa untuk belajar mandiri dan memberikan referensi bagi peneliti lain dalam mengembangkan media yang berinovasi, dan menyenangkan
21344399/SB/2022 | KKI 372 NOV p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain