Electronic Resource
Penguatan Keterlibatan Warga Negara Dalam Pembangunan Berkelanjutan Melalui Program Bimbingan Belajar (Studi Kasus Di Rumah Belajar Polehan Kota Malang)
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui sejauh mana pentingnya Keterlibatan Warga Negara dalam Pembangunan Berkelanjutan melalui program Bimbingan Belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, penelitian ini dilakukan di rumah belajar Polehan Kota Malang. Teknik yang dilakukan untuk mengumpulkan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang dilakukan yaitu menggunakan metode triangulasi agar mendapatkan keabsahan data, untuk analisis data peneliti menggunakan teknik Reduksi, Display, dan Verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian penguatan keterlibatan Warga Negara dalam Pembangunan Berkelanjutan dalam program Bimbingan Belajar yang dilakukan yaitu warga sekitar dibantu oleh mahasiswa berinisiatif untuk membuka kegiatan belajar mengajar untuk anak didik Polehan. Kegiatan yang dilakukan selain belajar mengajar yaitu melakukan penguatan mental/konseling untuk anak didik, pengembangan bakat, edukasi pendidikan agama untuk penguatan moral dan sikap, upgrading untuk relawan pengajar, dan memberikan seminar keterampilan ekonomi untuk orang tua anak didik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Warga Negara yang terlibat dalam kegiatan ini menunjukkan pentingnya mewujudkan pendidikan berkualitas baik formal maupun nonformal dan terciptanya pembangunan berkelanjutan untuk kehidupan yang lebih baik.
21344300/SB/2022 | KKI 371.114 HUD p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain