Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Card Match Circle Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Berdasarkan analisis pada proses pembelajaran akibat kurangnya media pembelajaran yang bersifat kongret hal ini siswa menjadi kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Card Match Circle (CMC) memberikan kartu berisi gambar yang diputarf antara lain ruas putar, permadani lingkaran, ikartu soal, ikartu jawaban, kartu tantangan, dan lembariijawaban, peningkatan siswa sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini (1) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Card Match circle yang layak digunakan dalam pembelajaran tematik kelas IV Sekolah Dasar (2) Mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam media Card Match circle pada pembelajaran tematik kelas IV Sekolah Dasar (3) Mengetahui keektifan pengembangan media Card March Circle dalam meningkatkan hasil belajar dalam muatan pembelajaran tematik kelas IV Sekolah Dasar Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg dan Gall yang terdiri dari 10 tahapan yaitu: Meneliti dan mengumpulkan data, Merencanakan, Mengembangkan produk awal, Pengujian lapangan awal, Merevisi produk, Pengujian lapangan utama, Merevisi operational produk, Pengujian lapangan operational, Merevisi produk akhir, Pendesminasian dan pengimplementasian. Data dikumpulkan menggunakan teknik angket dan instrumen yang dibagikan kepada siswa Penggunaan alat survei kuesioner alat pengumpulan data akhir. Analisa deskriptif digunakan untuk menganalisa data-data penelitian yang didapatkan.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa (1) Hasil dari kelayakan Pengembangan Media Card Match Circel (CMC) Pada Pembelajaran Tematik Jenis
– jenis Pekerjaan Kelas IV Sekolah Dasar adalah Valid dengan Revisi. Hal ini dibuktikan dengan hasil rekapitulasi validasi yakni Validasi Materi dengan skor 4,7% dan tingkat ketercapaian Valid. selanjutnya Validasi Disain dengan skor 84,61% dan tingkat ketercapaian Valid. terakhir Validasi Media dengan skor 4,15% dan tingkat ketercapaian Valid. Maka dapat diketahui bahwa pada kedua validasi mendapatkan hasil tingkat ketercapaian valid. Adapun skor yang paling tinggi didapatkan pada validasi bahasa dengan nilai 87,5%. (2) Hasil dari penelitian Pengembangan media Card Match Circle (CMC) Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar yang dilakukan kepada guru menunjukan hasil bahwa respon guru menyatakan Media Card Match Circle yang disebarkan telah sangat baik dan valid dengan skor 100%. (3) Hasil dari Respon Siswa Pengembangan media Card Match Circle (CMC) Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar menunjukan bahwa Media Card Match Circle sudah sangat baik.Berdasarkan hasil yang didapatkan, maka disarankan kepada guru dapat menggunakan Media pembelajaran Card Match Circle (CMC) yang telah dikembangkan sebagai referensi dalam memberikan pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar.
21344262/SB/2022 | KKI 372 SID p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain