Electronic Resource
Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Sumberejo 5 Malang
Motivasi belajar memang sering menjadi masalah bagi siswa, terutama jika siswa dihadapkan pada tugas-tugas yang sulit atau saat siswa tidak menyukai mata pelajaran tertentu. Berkaitan dengan hal tersebut ada faktor yang bisa mempengaruhi motivasi belajar siswa, Salah satunya adalah perhatian yang diberikan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di SDN Sumberejo 5 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, asosiatif dan regresi linier sederhana, karena penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Sumberejo 5 Malang semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020, yang masing-masing berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini, peneliti menggunakan teknik angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap motifasi belajar siswa kelas IV di SDN Sumberejo 5 Malang dibuktikan dengan hasil regresi yang memperoleh persamaan regresi Y= 8,282 + 0,743X1 + e, koefesien determinasi sebesar 0,540 atau 54% artinya variabel X1(perhatian orang tua) mampu menjelaskan sebesar 54% variabel Y (motivasi belajar siswa), dan memiliki t hitung sebesar 0,260 yakni bernilai positif dan nilai signifikan 0.000 < 0.05 sehingga hipotresis diterima. Dengan demikian menunjukkan bahwa semakin tinggi perhatian orang tua maka akan semakin tinggi motivasi belajar siswa.
2133798/SB/2021 | KKI 372 HAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain