Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X IPS Di SMA Islam Diponegoro Wagir Kabupaten Malang
Pendidikan di negara Indonesia semakin hari semakin berkembang dan pendidikan inilah yang membekali siswa untuk menghadapi dunia yang semakin hari semakin maju. Pendidikan yang berkualitas tidak terlepas dari pendidik yang berkualitas pula. Dalam proses pendidikan terdapat proses belajar mengajar dan guru mempunyai peran penting dalam proses ini. Saat ini mata pelajaran geografi merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit dan membosankan oleh siswa. Oleh karena itu minat siswa untuk mempelajarinya sangat minim sehingga berdampak pada hasil belajar. Cara yang diambil agar siswa tidak merasa bosan serta merasa tertantang pada mata pelajaran geografi ialah menggunakan model pembelajaran time token sehingga nantinya berdampak baik pada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran time token terhadap hasil belajar geografi siswa Kelas X IPS di SMA Islam Diponegoro Wagir Kabupaten Malang dengan materi sepuluh konsep geografi beserta terapannya.
Jenis pendekatan yang digunakan ialah jenis pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Untuk populasi pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X SMA Islam Diponegoro Wagir Kabupaten Malang yang berjumlah 72 siswa dan untuk jumlah sample terdiri dari 2 kelas yang masing-masing kelas terdiri dari 36 siswa. Kelas X IPS sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar diperoleh dari nilai pre-test dan post-test jenis soal uraian sebanyak 5 nomer.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan menunjukan bahwa hasil uji t menggunakan independent samples t test diperoleh taraf signifikan 0,000 ≤ 0,05. Hal ini menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran time token terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X IPS di SMA Islam Diponegoro Wagir.
2132956/SB/2021 | KKI 910 KRI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain