Electronic Resource
Efektifitas Teknik Self Control Untuk mengurangi Perilaku Bullying Siswa Kelas VIII SMP PGRI 01 Singosari Malang
Bullying merupakan tindakan intimidasi yang dilakukan secara berulangulang oleh pihak yang lebih kuat terhadap pihak yang lemah, dilakukan dengan sengaja dan bertujuan untuk melukai korbannya secara fisik maupun emosional.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat perilaku bullying di siswa SMP PGRI 01 Singosari malang sebelum dan sesudah penerapan teknik self control dengan menggunakan layanan konseling kelompok untuk mengurangi perilaku bullying siswa SMP PGRI 01 Singosari Malang.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan rancangan Pre-Eksperimental Design dengan jenis One Grop Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP PGRI 01 Singosari Malang. Subjek diambil mengunakan teknik purpose sampling yaitu terlebih dahulu semua populasi diberi skala perilaku bullying, lalu dipilih 6 siswa yang skor pretest yang tergolong sedang dan tinggi untuk dijadikan subjek penelitian. Instrument penelitian yang digunakan berupa skala perilaku bullying, lembar kerja, lembar refleksi diri, pedoman eksperimen dan dokumntasi. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon melaIui program computer (SPSS) windows 16.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat perilaku bullying siwa SMP PGRI 01 Singosari Malang sebelum penerapan teknik self control berada pada kategori “sedang” dengan rata-rata skor pretest mencapai 74,83. (2) Tingkat periaku bullying siswa SMP PGRI 01 Singosari Malang setelah penerapan teknik self control berada pada kategori rendah dengan rata-rata skor posttest 55. (3) Teknik self control efektif untuk mengurangi perilaku bullying siswa SMP PGRI 01 Singosari Malang dengan Zhitung adalah -2.207a dan Sig. (2-tailed) 0,027
2132862/SB/2021 | KKI 371.4 LUA e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain