Electronic Resource
Hubungan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Malang
Penelitian yang dilaksanakan di sekolah SMA Negeri 10 Malang pada kelas X yang terdiri dari 4 kelas IPS, sebagian siswa masih memiliki motivasi yang rendah dalam pencapaian hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan sikap berbagai siswa yang ditunjukan ketika pembelajaran berlangsung. Dimana, siswa cenderung kurang memperhatikan pembelajaran, masih ada beberapa siswa yang berbicara dengan temannya, keaktifan ataupun antusias belajar siswa kurang serta banyak siswa yang menganggap mata pelajaran geografi adalah mata pelajaran sulit dimengerti.
Berdasarkan masalah yang ditemukan tersebut bahwa hubungan motivasi dengan hasil belajar masih rendah, maka peneliti tertarik untuk mengambil judul penelitiannya itu Hubungan Motivasi Dengan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasi.
Metode ini dapat diperoleh dengan sesungguhnya yaitu tujuannya adalah untuk mengetahui tingkat hubungan antara variabel motivasi (X) dan hasil belajar (Y). Populasi siswa kelas X berjumlah 122 siswa dan yang dijadikan sampel penelitian adalah, 97 siswa dari 4 kelas IPS. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner atau angket yang diberikan kepada siswa, tes tertulis (nilai UAS siswa) dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitiannya terdapat hubungan antara motivasi dengan hasil belajar siswa geografi kelas X. Dengan motivasi siswa sebesar 67% dan hasil belajar sebesar 89,6%. Hal lainnya, dibuktikan dengan hasil uji tingkat hubungan korelasi antar variabel motivasi dengan hasil belajar yang memiliki nilai signifikannya 0,620 yang termasuk dalam kategori tingkat hubungan kuat.
2132793/SB/2021 | KKI 910 BAY h/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain