Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Project Based Learning (H-PJBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Pada Materi Hukum Newton SMK Negeri 11 Malang
Model Pembelajaran Hybrid Project Based Learning (H-PJBL) adalah model pembelajaran yang memadukan antara model pembelajaran tatap muka dan online. Pada pembelajaran tatap muka menggunakan model pembelajaran project based learning (PJBL). Saat pembelajaran online, peserta didik melakukan diskusi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mereka, selain itu peserta didik juga mengerjakan latihan soal untuk meningkat kan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Pada penelitian ini materi yang digunakan yaitu hukum newton. Karena salah satu materi fisika yang dianggap sulit oleh peserta didik adalah hukum newton. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik antara model pembelajaran H-PJBL dan DL; (2) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi peserta didik antara model pembelajaran H-PJBL dan DL; dan (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran H-PJBL terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan komunikasi peserta didik. Pada penelitian ini meggunakan penelitian kuantitatif tipe quasy eksperiment. Populasi pada penelitian ini adala peserta didik kelas X SMK Negeri 11 Malang, dengan sampel yang digunakan yaitu 1 kelas ekperimen menggunakan model pembelajaran H-PJBL dan 1 kelas kontrol menggunakan model pembelajaran DL. Teknik pengujian hipotesis pada penelitian ini adalah dengan uji MANOVA. Dengan demikian hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: (1) Ada perbedaan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik antara model pembelajaran H-PJBL dan DL; (2) Ada perbedaan kemampuan komunikasi peserta didik antara model pembelajaran H-PJBL dan DL; dan (3) Ada pengaruh model H-PJBL terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan komunikasi peserta didik
2132771/SB/2021 | KKI 530 FAU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain