Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Earthcomm Terhadap Hasil Belajar Geografi SMA Negeri 6 Malang
Model Pembelajaran Earthcomm merupakan pembelajaran yang berfokus pada siswa dalam setiap variasi kegiatan yang mana siswa mencari sendiri pengetahuannya melalu konsep yang disampaikan oleh guru melalui permasalahn yang disediakan oleh guru. Langkah-langkah dalam model pembelajaran Earthcomm terdiri dari 10 kegiatan dimulai dengan: 1) Skenario, 2) Tantangan, 3) Kriteria Penilaian, 4) Tujuan, 5) Berpikir tentang sesuatu, 6) Merefleksi aktivitas dan tantangan, 7) Mengkaji secara mendalam, 8) Memahami dan mengaplikasikan apa yang sudah dimiliki siswa setelah belajar. 9) Mempersiapkan untuk tantangan pada bab selanjutnya, 10) Penyelidikan lebih jauh. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Earthcomm terhadap hasil belajar geografi siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/I kelas X IPS SMA Negeri 6 Malang semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Kelas X IPS 3ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 4 sebagai kelas kontrol.
Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quast exsperimen). Desain penelitian Non Equivalent Group Control. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan variabel bebas yaitu model pembelajaran Earthcomm. Instrumen penelitian menggunkan soal esai yang telah di uji validitas, reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal, dan uji daya beda soal.
Berdasarkan analisis nilai pre-test dan post-test, rata-rata gain score kelas eksperimen lebih tinggi dengan skor 42,19 dibandingkan kelas kontrol dengan skor 19,19. Hasil analisis uji t dengan menggunakan independent sample t-test diperoleh data signifikansi adalah 0.000 < 0.005. hasil perhitungan ini membuktikan bahwa model pembelajaran Earthcomm berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar geografi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Earthcomm berpengaruh terhadap hasil belajar geografi kelas X IPS SMA Negeri 6 Malang.
Saran bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan hasil temuan ini sehingga menjadi bahan temuan baru. Temuan ini dapat menjadi informasi baru bagi sekolah serta dapat menjadi pertimbangan untuk pihak sekolah dalam pengambilan kebijakan khususnya yang berkaitan dengan peningkatan hasil belajar siswa.
2132638/SB/2020 | KKI 910 PAT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain