Electronic Resource
Hubugan Perhatian Orang Tua Dan Fasilitas Belajar Terhadap Presentasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik Kelas IV Sdn Bandung Rejosari 4 Malang
Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar salah satunya adalah perhatian orang tua. Bentuk perhatian orang tua kepada anak yaitu dengan pemenuhan fasilitas belajar. Anak yang mendapatkan perhatian orang tua dan fasilitas belajar yang baik maka prestasi belajarnya juga akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran tematik, (2) hubungan fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran tematik, (3) hubungan perhatian orang tua dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran tematik.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 40 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik total sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket yang terdiri dari angket perhatian orang tua dan fasilitas belajar.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket tertutup dan dokumentasi. Adapun analisis data yang dilakukan dengan menggunakan deskriptif data dan uji
korelasi ganda untuk mendeskripsikan setiap variabel dan menemukan korelasi antara variabel bebas dan variabel terikat.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara perhatian orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar tematik siswa kelas IV. Hal ini berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan peneliti adalah sebagai berikut: hipotesis pertama menunjukkan terdapat korelasi dan bersifat positif antara variabel perhatian orang tua dan prestasi belajar dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, hipotesis kedua menunjukkan terdapat korelasi dan bersifat positif
antara variabel fasilitas belajar dan prestasi belajar dengan nilai signifikansi 0,015 < 0,05, dan hipotesis ketiga secara bersama-sama kedua variabel bebas tersebut berhubungan dengan variabel terikat, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi R = 0,573 dan nilai R Square = 0,329 artinya kontribusi
perhatian orang tua dan fasilitas belajar dalam mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu sebesar 32,9% sedangkan 67,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.
2132305/SB/2020 | KKI 372 AST h/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain