Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peningkatan Hasil Dan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Siswa Kelas VIII F Smpn 3 Singosari Tahun Ajaran 2018-2019

Electronic Resource

Peningkatan Hasil Dan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Siswa Kelas VIII F Smpn 3 Singosari Tahun Ajaran 2018-2019

Tridedi Arfanus - Nama Orang; Dr. Timbul Yuwono, S.Si, M.Pd - Nama Orang; Drs. Djoko Adi Susilo,M.Pd - Nama Orang;

Keberhasilan siswa dalam belajar dapat dipengaruhi oleh faktor dari luar maupun dalam individu. Faktor tersebut dapat memberikan dukungan ataupun hambatan yang berakibat pada hasil belajar siswa yang tidak sesuai dengan keinginan dikarenakan motivasi belajar siswa yang rendah.Permasalahan tersebut terjadi pada siswa di SMPN 3 Singosari kelas VIII F. Hal ini ditunjukkan dengan pencapaian peningkatan hasil dan aktivitas belajar matematika siswa yang rendah. Dugaan penyebab rendahnya nilai belajar ini dikarenakan siswa malas untuk menerima pelajaran. Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan, maka peneliti ingin memberikan suatu alternatif dengan menggunakan metode pendekatan keterampilan proses. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa pada kompetensi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPDLV) kelas VIII F SMPN 3 Singosari.
Penelitian dilaksanakan di SMPN 3 Singosari. Subyek penelitian adalah kelas VIII F sebanyak 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan siswa, lembar tes, lembar kerja siswa, dan lembar catatan lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tindakan, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan keterampilan proses terbukti dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil kajian catatan lapangan dan LKS siswa. Pada Siklus I banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 56% siswa dan pada Siklus II banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 96%. Berdasarkan hasil angket siswa, pada Siklus I menunjukkan bahwa siswa yang mencapai skor angket ≥ 75% sebanyak 69,57% siswa dan hasil angket Siklus II menunjukkan bahwa banyaknya siswa yang mencapai skor angket ≥ 75% sebanyak 83,33% siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti mengharapkan bagi penelitian selanjutnya lebih kreatif dan baik lagi dalam memberikan langkah-langkah pengerjaan pada Lembar Kerja Siswa, serta diharapkan pula menambahkan variable baru untuk mengetahui peningkatan hasil dan aktivitas belajar matematika dengan pendekatan keterampilan proses terhadap variable tersebut. Variabel yang mungkin dapat digunakan adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep, serta kreativitas siswa dalam pembelajaran.


Ketersediaan
2132190/SB/2020KKI 510 ARF p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 ARF p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xiv, 139 Hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Aktivitas Belajar
Skripsi
pendekatan keterampilan proses
Peningkatan hasil
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik