Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Meyelesaikan Soal Cerita Sisitem PErsamaan LInier TIga Variabel ( SPLTV) Berdasarkan Tahap Polya

Electronic Resource

Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Meyelesaikan Soal Cerita Sisitem PErsamaan LInier TIga Variabel ( SPLTV) Berdasarkan Tahap Polya

Rapli - Nama Orang; Tatik Retno Mursianisih,S.Si.,M.Pd - Nama Orang; Dr.Timbul; Yuwono, S.Si .M.Pd - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi, masih banyak kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dalam mengerjakan soal cerita Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Dengan demikian, untuk mengatasi kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita khususnya materi SPLTV perlu dilakukan analisis terhadap kesalahan yang dilakukan peserta didik sehingga kesalahan yang mereka lakukan dapat diminimalisir. Untuk menganalisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita SPLTV dapat menggunakan tahapan pemecahan masalah yang disusun oleh Polya. Ada empat langkah tahapan pemecahan masalah Polya, yaitu: a) memahami masalah (understand the problem), b) merancang perencanaan penyelesaian (devise a plan), c) menerapkan rencana pemecahan masalah (carry out the plan), dan d) memeriksa kembali solusi yang diperoleh (look back).
Pendekatan penelitian yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 4 MAN 1 Malang yang berjumlah 29 peserta didik. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini diantaranya tes tertulis dan wawancara. Subjek wawancara sebanyak 8 peserta didik yang diambil berdasarkan tipe kesalahan yang sama berdasarkan tahapan Polya.
Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan yaitu Persentase kesalahan tahap memahami masalah (undestanding the problem) sebesar 47%, kesalahan tahap merencanakan rencana penyelesaian (devising a plan) sebesar 29%, kesalahan tahap melakukan rencana penyelesaian (carrying out the plan) sebesar 47%, kesalahan tahap memeriksa kembali jawaban (looking back) sebesar 82%. Dapat disimpulkan faktor terjadinya kesalahan meliputi tidak menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan, tidak menuliskan permisalan, tidak menuliskan model matematika dengan benar, tidak menentukan metode yang akan digunakan, salah menuliskan operasi dalam perhitungan, dan tidak menuliskan kesimpulan diakhir penyelesaian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dan berdasarkan temuan dari hasil penelitian, kesalahan terbanyak yang dilakukan peserta didik yaitu pada tahap memeriksa kembali solusi yang diperoleh. Oleh karena itu guru diharapkan untuk memberikan penjelasan kepada peserta didik bahwa memeriksa jawaban yang telah diperoleh akan sangat penting sebab hal itu memastikan apakah jawaban yang telah ditemukan sudah benar atau masih ada yang salah.


Ketersediaan
2132173/SB/2020KKI 510 RAP a/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 RAP a/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xiv, 89Hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
soal cerita
Analisis kesalahan
Skripsi
tahapan Polya
Pesramaan Linear Tiga Variabel (SPLTV)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik