Electronic Resource
Pengembangan Animasi Augmented Reality (AR) Topik Metamorfosis Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Di Sekolah Dasar
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media Augmented Reality dalam pembelajran IPA topik metamorfosis, dan mengukur kelayakan, kepraktisan, keefektifan dan motivasi belajar. Rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA salah satunya materi metamorfosis disebabkan kurangnya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran. Guru di kelas belum menggunakan media dalam pembelajaran khususnya materi metamorfosis, yang membuat siswa malas dan tidak memperhatikan guru karena setiap pembelajaran hanya berpusat pada guru. Dengan adanya media siswa akan termotivasi dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Metode penelitian yang digunakan peneliti termasuk pada penelitian pengembangan, dengan model ADDIE melalui lima tahapan yaitu: Analysis (analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk validasi ahli materi, ahli media, praktisi (guru) dan siswa. Hasil penelitian ini berupa pengembangan media Augmented Reality topik metamorfosismenggunakan model ADDIE. Penilaian kelayakan oleh ahli media memperoleh skor 82%, oleh ahli materi memperoleh skor 81%, oleh ahli bahasa memperoleh skor 95%, jadi media Augmented Reality dikatakan cukup layak untuk digunakan dilapangan. Penilaian kepraktisan oleh guru memperoleh skor 93%, oleh siswa memperoleh skor 91%, jadi media Augmented Reality dikatakan praktis untuk digunakan di lapangan. Penilaian keefektifan memperoleh skor 90 dengan KKM di sekolah 65 jadi media Augmented Reality dikatakan efektif digunakan di lapangan. Penilaian motivasi belajar siswa oleh siswa memperoleh skor 92%, sehingga media Augmented Reality sangat baik untuk memotivasi siswa dalam belajar. Sehingga media Augmented Reality topik metamorfosis dapat dijadikan referensi guru sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran di dalam kelas.
2132085/SB/2020 | KKI 372 RIA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain