Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran SQ4R ( Survey, Question, Read, Recite, Record, Review ) Terhadap Hasil Belajar IPS Di Kelas VIII SMP Negeri 3 Singosari

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran SQ4R ( Survey, Question, Read, Recite, Record, Review ) Terhadap Hasil Belajar IPS Di Kelas VIII SMP Negeri 3 Singosari

Antonius Lema Waton - Nama Orang; Yuli Ifana Sari, M.Pd - Nama Orang; Dwi Kurniawan, M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini menggunakan pembelajaran SQ4R. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui penerapan pembelajaran SQ4R pada pembelajaran IPS (2) mengetahui pengaruh pembelajaran SQ4R terhadap hasil belajar IPS di kelas VIIISMP Negeri 3 Singosari
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Non Equivalen Control Group Design Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Singosari. Sampel dalam penelitian ini di ambil dari populasi menggunakan teknik cluster random sampling, dengan hasil kelas VIII A untuk kelas eksperimendan kelas VIII B untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah soal tes subjektif(soal tes Esai) yang di pakai untuk mengukur hasil belajar IPS.
Sebelum soal tes subjektif digunakan terlebih dahulu soal tes tersebut diuji cobakan untuk memenuhi persyaratan: tingkat kesukaran, daya pembeda soal, validitas dan reabilitas. Jenis data dalam penelitian ini terdiri dari data kuantitatif yang diperoleh dari hasil Pre test-Post test untuk mengukur hasil belajar siswa. Soal tes terdiri dari soal subjektif yang berjumlah 5 butir soal. Indikator soal tes mengikuti taksonomi bloom hasil revisi Andreson dan Krahtwohl C1-C6.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Analisis ini menguji hipotesis yang sudah di tetapkan sebelumnya menggunakan statistic uji t yaitu: Independent sample t-test. Jenis uji ini dilakuakan. Prinsip pengujian uji ini adalah melihat perbedaan variasi kedua kelompok data. Pda penelitian ini uji Independent sample t-test akan dibantu menggunakan SPSS.16.0 For Windows dengan taraf signifikasi 5%. Adapun dasar pengambilan keputusan sebagai berikut: (1) jika nilai signitifikan atau sig.(2-
tailed) > 0,05, maka H1 ditolak.(2) jika nilai sgnitifikan atau sig.(2-tailed) < 0,05,maka H1 diterima Simpulan dari skripsi ini adalah (1) Pengaruh pembelajaran SQ4R
mampuh meningkatkan hasil belajar IPS di kelas VIII SMP Negeri 3 Singosari. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hsil belajar IPS siswa yang meningkat dari hasil sebelum dilakukan pembelajaran SQ4R di kelas eksperimen 62,5 menjadi 84,21, sedangkan di control hanya meningkat dari 59,84 menjadi 64,21. Gain score pada kelas control yaitu sebesar 4,37 dan rata-rata gain sore pada kelas eksperimen 21,71. Gain score kelas eksperimen lebih tinggi daripada gain score kelas kontrol Sebaiknya guru dapat bersikap inovatif didalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan siswa, sehingga proses pembelajaran IPS lebih


Ketersediaan
2131170/SB/2019KKI 910 WAT p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 WAT p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xii, 93hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Skripsi
SQ4R
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik