Electronic Resource
Penerapan Strategi Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Atambua
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran PKn siswa kelas X setelah menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMA Negeri 1 Kota Atambua. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Atambua yang berjumlah 411 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 siswa yang diambil secara acak dari populasi menggunakan teknik simpel random sampling dan sampel dibagi dalam kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi, dan test. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji T. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Atambua yang dilihat dari hasil uji T. Dari data tersebut menunjukkan perbedaan hasil belajar yang sangat signifikan antara kelas control dan kelas eksperimen dengan nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000
2131153/SB/2019 | KKI 371.114 BAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain