Electronic Resource
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII C Pada Mata Pelajaran IPS Geografi Di SMPN 1 Pakisaji Kabupaten Malang
Berdasarkan hasil observasi awal di kelas VII-C SMPN 1 Pakisaji menunjukan bahwa hasil belajar siswa tergolong rendah. Masalah tersebut disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya siswa kelas VII-C kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran IPS Geografi, siswa kurang aktif mengajukan pertanyaan, siswa kurang memperhatikan penjelasan guru dan siswa kurang mampu memecahkan permasalahan yang diberikan guru.
Penelitian ini bertujuan “Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) siswa kelas VII-C SMPN 1 Pakisaji Kabupaten Malang”. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan subsub tema Potensis Sumber Daya Alam di Indonesia. Subjek penelitian ini adalah kelas VII-C SMPN 1 Pakisaji Kabupaten Malang yang berjumlah 25 siswa.
Hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan yaitu 65,68 pada siklus I 77,36 dan pada siklus II mencapai 83,92 Sedangkan nilai ketuntasan minimal sebelum tindakan sebesar 40 %, siklus I sebesar 64% dan siklus II sebesar 80%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-C SMPN 1 Pakisaji Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2018/2019.
2130930/SB/2019 | KKI 372 SIL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain