Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook In Box Berbasis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran IPS
Penelitian ini dilatar belakangi dengan pemanfaatan media pembelajaran yang kurang menarik sehingga berdampak pada kemampuan membaca pemahan pada diri siswa. Guru cenderung memanfaatkan media yang sudah tersedia tanpa ada pengembangannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) mendiskirpisikan proses pengembangan media scrapbook in box; 2) mendiskripsikan kevalidan media scrapbook in box; 3) mendiskripsikan kepraktisan media scrapbook in box; 4) mendiskripsikan keefektifan media scrapbook in box. Metode penelitian yang digunakan peneliti termasuk pada penelitian pengembangan, dan menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu: Analysis (analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (evaluasi). Subjek uji coba adalah 20 siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 2 Malang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli media, dan praktisi (guru), wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa pengembangan media pembelajaran scrapbook in box berbasis kemampuan membaca pemahaman menggunakan model ADDIE dan memperoleh penilaian oleh ahli media dengan presentase 92,5%. Penilaian oleh ahli materi mendapatkan presentase 72,5%. Penilaian oleh ahli bahasa mendapatkan presentase 80%. Penilian oleh praktisi mendapatkan presentase 93,1%. Penilian hasil respon siswa pada ujicoba lapangan terbatas mendapatkan presentase 93%. Penilaian rata-rata peningkatan kemampuan membaca pemahaman sebesar 26%. Berdasarkan paparan hasil penilaian diatas, media pembelajaran scrapbook in box dikategorikan “Layak” atau “Sangat Baik” untuk digunakan dilapangan. Media pembelajaran scrapbook in box dapat dijadikan referensi guru sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran di dalam kelas.
2130885/SB/2019 | KKI 372 FAT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain