Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V SD Taman Siswa Turen

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V SD Taman Siswa Turen

Ika Purnama Sari - Nama Orang; Nyamik Rahayu Sesanti, M.Pd. - Nama Orang; Dyah Triwahyuningtias, S.Si, M.Pd. - Nama Orang;

Matematika merupakan salah satu disiplin ilmu yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir, berargumentasi, dan memberikan kontribusi dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. Kendala yang ditemui guru di SD taman siswa Turen dalam pembelajaran matematika khususnya bangun ruang adalah kemampuan memahami sifat-sifat bangun ruang dan hasil belajar cenderung rendah. Salah satu cara yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika adalah model pembelajaran penemuan terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan model penemuan terbimbing terhadap hasil belajar sifat- sifat bangun ruang kelas V.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Penelitian ini menggunakan disain quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V di SD taman siswa Turen yang berjumlah 77 siswa yang terbagi dalam kelas V A berjumlah 38 siswa dan kelas V B berjumlah 39 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data berupa tes essai untuk pre-test dan post-test. Teknik analisis data berupa uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, dan hipotesis dengan uji t menggunakan SPSS 16.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan hasil belajar sifat -sifat bangun ruang siswa kelas V di SD taman siswa Turen menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing dengan nilai signifikasi (2-tailed) 0,000 < 0,05. Guru diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran matematika khususnya soal sifat- sifat bangun ruang untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan siswa dalam menyelesaikan masalah dalam soal.


Ketersediaan
2130257/SB/2019KKI 372 SAR p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 SAR p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xiv, 128 hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Skripsi
Model Penemuan Terbimbing
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik