Electronic Resource
Pengruh Kedisiplinan Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Islam Diponegoro Kecamatan Wagir Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2015-2016
Hasil observasi di SMP Islam Diponegoro Wagir Malang diketahui bahwa nilai ulangan rata-rata kelas VII sebesar 70 pada Tahun Pelajaran 2015/2016. Nilai yang tergolong masih cukup rendah, karena yang dijadikan acuan adalah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar Matematika siswa Kelas VII SMP Islam Diponegoro Wagir Malang Tahun Pelajaran 2015/2016, (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VII SMP Islam Diponegoro Wagir Malang Tahun Pelajaran 2015/2016, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa Kelas VII SMP Islam Diponegoro Wagir Malang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan variabel bebasnya adalah disiplin belajar dan motivasi belajar serta variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Diponegoro Kec. Wagir Kab. Malang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Islam Diponegoro Kec. Wagir Kab. Malang Tahun Pelajaran 2015/2016 yang masih aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yakni jumlah keseluruhan siswa kelas VII SMP Islam Diponegoro sebanyak 30 siswa, dengan perincian kelas VII A 15 siswa dan VII B 15 siswa. Hasil pengujian dengan menggunakan program SPSS 16 for windows diketahui nilai signifikansi untuk variabel kedisiplinan sebesar 0,024 dengan t-hitung 2,389 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh antara kedisiplinanterhadap hasil belajar atau H1 diterima. Untuk variabel motivasi belajar diketahui nilai signifikansi sebesar 0,013 dengan t-hitung 2,654 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa atau H1 diterima. Hasil perhitungan koefisien determinasi diketahui bahwa besarnya pengaruh antara X1 dan X2 terhadap Y sebesar 0,421 atau 42,1%, sedangkan sisanya diterangkan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
2130085/SB/2019 | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain