Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X MMD Di SMK Negeri 5 Malang Tahun Ajaran 2017/2018

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X MMD Di SMK Negeri 5 Malang Tahun Ajaran 2017/2018

FRENGKY ARNANDO - Nama Orang; Drs. Sholikhan, S.Si., M.Pd - Nama Orang; Muhammad Nur Hudha, S.Pd., M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah posttets only control group design. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 5 Malang pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian adalah siswa kelas X–MMD, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Jumlah sampel yang digunakan terdiri dari 72 siswa yang terbagi dalam satu kelompok kelas eksperimen dan satu kelompok kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan tes pemahaman konsep dan angket (kuesioner) motivasi belajar. Analisis data menggunakan analisis varian anova dua jalur (two way anova).
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa; (1) Ada perbedaan pemahaman konsep fisika, antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan taraf signifikan 0,011 < 0,05. Dengan nilai rata-rata pemahaman konsep siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning adalah 82,53 dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional adalah 78,67. (2) Ada perbedaan pemahaman konsep fisika, antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Dengan nilai rata-rata pemahaman konsep siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi adalah 83,87 dan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah adalah 78,12. (3) Tidak ada pengaruh interaksi antara penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan motivasi terhadap pemahaman konsep fisika. Dengan taraf signifikan 0,729 > 0,05.


Ketersediaan
2130054/SB/2019KKI 530 ARN p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 ARN p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xvi, 266 hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Riset Skripsi
Pemahaman Konsep
Motivasi Belajar
Probelm Based Learning (PBL)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik